Sejarah perkembangan teknologi Informasi Dan Komunikasi

Pada awalnya manusia hanya menggunakan alat sederhana untuk berkomunikasi, misalnya melalui gambar. seiring kemajuan peradaban, manusia mampu menciptakan alat-alat modern, seperti telepon, untuk melakukan komunikasi. Alat pengolah data dari sejak Zaman Purba sampai saat ini dapat digolongkan ke dalam empat(4) golongan besar.

1. Peralatan Manual
Peralatan Manual adalah peralatan pengolahan data yg sangat cepat sederhana, Dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia.

2. Peralatan mekanik
Peralatan mekanik adalah peralatan pengolahan yg sudah berbentuk mekanik yg digerakkan dengan tangan secara manual.

3. Peralatan Mekanik elektronik
Peralatan mekanik elektronik adalah peralatan mekanik yg digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik.

4. Peralatan Elektronik
Peralatan elektronik adalah peralatan yg bekerjanya secara elektronik penuk.

Sejarah perkembangan teknologi informasi Dan komunikasi, yaitu sebagai berikut:

1. Masa Prasejarah

Apakah orang purba. Melakukan komunikasi? Komunikasi orang purba berupa pengenalan bentuk saja. Orang purba dapat menggambarkan informasi yg mereka peroleh dengan cara menggambarkannya di dinding-dinding gua. Selain menggunakan gambar di dinding gua, Orang pada zaman dahulu kala menggunakan asap untuk melakukan komunikasi. Hal ini biasa dilakukan oleh suku bangsa Indian diAmerika. Mereka menggunakan asap sebagai tanda peringatan, tanda bahaya, Dan meminta bantuan.

Bagaimanakah perkembangan tulisan sebagai alat komunikasi? Tulisan mulai dikenal pada tahun 3.000 SM oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol. Di Indonesia sendiri, tulisan mulai dikenal pada zaman kerajaan-kerajaan kuno, penggunaan tulisan sebagai alat komunikasi hanya terbatas sebagai kegiatan surat-menyurat antar kerajaan. Orang-orang kerajaan menggunakan berbagai bahan, seperti kulit kayu, daun lontar, serta batu prasasti sebagai media komunikasi. Pada saat itu, alat komunikasi hanya digunakan oleh kalangan-kalangan tertentu, seperti raja Dan bangsawan.

2. Masa Modern
Seiring perkembangan ilmu pengetahuan Dan teknologi, masa modern merupakan masa keemasan bagi teknologi informasi Dan teknologi.pada masa modern, telah diciptakan alat-alat. Dan sistem canggih untuk mempermudah manusia melakukan komunikasi. Beberapa contoh media komunikasi modern yg sangat dikenal antara lain:

a . Surat Kabar
B. Telepon
c. Televisi
d. Komputer

    1. Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s